Keunggulan KTM RC390 [Review] - KTM RC390 adalah motorsport terbaru buatan Eropa yang meluncur pada November 2014 ini. Mengusung mesin berkapasitas luyaman gambot (390 cc), KTM RC390 ternyata dibekali dengan sejumlah fitur dan keunggulan. Melirik tampilannya, warna khas oranye milik KTM serta trade mark motor KTM berupa aplikasi rangka trellis baja tetap kental dan identik pada RC390, seperti halnya dengan motor-motor trail dan naked mereka lainnya. Lekukan bodi KTM RC390 juga dirancang dengan aura sport yang kuat dengan bodi tajam dan kaku khas motor-motor balap.
Bobot
Dengan motorsport berkapasitas 390cc, KTM RC390 dirancang dengan brilian oleh insinyur KTM. Jadi wajar kalau bobot RC390 cuma 147 kg saja. Sebagai perbandingan, bobot motorsport 250cc sejenis yang beredar di Indonesia rata-rata berbobot 160-170kg-an. Untuk masalah handling juga dengan arsitektur rake & wheelbase yang dirancang dengan perhitungan khusus membuat distribusi bobot tersebar merata ke semua bagian.
Sasis
Desain rangka RC390 merupakan aplikasi dari arena balap Moto3. Dirancang dengan kaku agar kestabilan motor tetap terjaga. Meskipun demikian, bahan baja ringan membuat sasis tetap kuat dan kokoh. Di bagian swing-arm juga menggunakan bahan alumunium ringan.
Suspensi
Di sektor suspensinya, KTM RC390 dibekali dengan suspensi keluaran WP yang menjadi salah satu produsen suspensi terbaik di dunia. Sokbreker jenis ini juga diterapkan pada semua motor trail KTM dan naked lainnya. Sedangkan di sektor depan, KTM RC390 menggunakan suspensi jenis upside-down dengan ketebalan pipa 43mm. Sama besarnya dengan diameter kelas moge 600 cc!
Desain
Beberapa keunikan KTM RC390 yang tak terlihat di motorsport lainnya antara lain: desain headlamp kecil meruncing dan rangka trelling menonjol. Dan yang paling unik adalah desain jok pemboncengnya. Melihat sekilas, motor KTM RC390 terlihat seperti motor single seat (jok tunggal). Padahal cover buntut nya itu justru berbahan jok pemboceng! Aplikasi ini mungkin baru dimiliki oleh motor KTM RC390.
Performa
Dengan kapasitas hingga 390cc, KTM RC390 dibekali dengan mesin silinder tunggal yang mampu menghasilkan power hingga 43,5 Hp. Tidak jauh beda dengan motor KTM yang diterjunkan di arena Moto3 yang punya power sekitar 54 Hp. Beberapa bagian yang membawa DNA Moto3 ada di bagian crankshaft dan balancer system nya, bekerja sebagai peredam getaran.
Untuk performanya, KTM RC390 sanggup menembuh kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik saja. Top speed KTM RC390 menurut klaim resmi pabrikan mencapai 171 km/jam.
Bagaimana? tertarik untuk membeli motor ini?
Demikianlah informasi mengenai Review KTM RC390 & 5 Keunggulannya. Semoga bermanfaat :-)
Artikel otomoch lainnya mengenai:
Review KTM RC390 & Keunggulannya
Review KTM RC390
Keunggulan KTM RC390 |
Dengan motorsport berkapasitas 390cc, KTM RC390 dirancang dengan brilian oleh insinyur KTM. Jadi wajar kalau bobot RC390 cuma 147 kg saja. Sebagai perbandingan, bobot motorsport 250cc sejenis yang beredar di Indonesia rata-rata berbobot 160-170kg-an. Untuk masalah handling juga dengan arsitektur rake & wheelbase yang dirancang dengan perhitungan khusus membuat distribusi bobot tersebar merata ke semua bagian.
Sasis
Desain rangka RC390 merupakan aplikasi dari arena balap Moto3. Dirancang dengan kaku agar kestabilan motor tetap terjaga. Meskipun demikian, bahan baja ringan membuat sasis tetap kuat dan kokoh. Di bagian swing-arm juga menggunakan bahan alumunium ringan.
Suspensi
Di sektor suspensinya, KTM RC390 dibekali dengan suspensi keluaran WP yang menjadi salah satu produsen suspensi terbaik di dunia. Sokbreker jenis ini juga diterapkan pada semua motor trail KTM dan naked lainnya. Sedangkan di sektor depan, KTM RC390 menggunakan suspensi jenis upside-down dengan ketebalan pipa 43mm. Sama besarnya dengan diameter kelas moge 600 cc!
Desain
Beberapa keunikan KTM RC390 yang tak terlihat di motorsport lainnya antara lain: desain headlamp kecil meruncing dan rangka trelling menonjol. Dan yang paling unik adalah desain jok pemboncengnya. Melihat sekilas, motor KTM RC390 terlihat seperti motor single seat (jok tunggal). Padahal cover buntut nya itu justru berbahan jok pemboceng! Aplikasi ini mungkin baru dimiliki oleh motor KTM RC390.
Performa
Dengan kapasitas hingga 390cc, KTM RC390 dibekali dengan mesin silinder tunggal yang mampu menghasilkan power hingga 43,5 Hp. Tidak jauh beda dengan motor KTM yang diterjunkan di arena Moto3 yang punya power sekitar 54 Hp. Beberapa bagian yang membawa DNA Moto3 ada di bagian crankshaft dan balancer system nya, bekerja sebagai peredam getaran.
Untuk performanya, KTM RC390 sanggup menembuh kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,5 detik saja. Top speed KTM RC390 menurut klaim resmi pabrikan mencapai 171 km/jam.
Bagaimana? tertarik untuk membeli motor ini?
Demikianlah informasi mengenai Review KTM RC390 & 5 Keunggulannya. Semoga bermanfaat :-)
Artikel otomoch lainnya mengenai:
0 Response to "Review KTM RC390 & 5 Keunggulan nya"
Posting Komentar