Perbandingan Yamaha GT125 vs Honda Vario 125

Yamaha GT125 vs Honda Vario 125 - Tak bisa dipungkiri, keberadaan motor-motor skutik semakin menjamur dari tahun ke tahun. Peminat motor skutik pun terus bertambah dari tahun ke tahun. Untuk target pasar motor skutik rasanya Honda dan Yamaha masih menjadi rajanya di segmen ini. Keduanya mempunyai andalan masing-masing. Pihak Honda memiliki Honda Vario 125 sedangkan Yamaha dengan GT125 teranyarnya. Keduanya boleh dikatakan sebagai 'raja' di kelas motor skutik saat ini. Memang Honda masih ada PCX 150, tapi skutik tersebut baru masuk dan segmen harganya berbeda cukup jauh dengan Honda Vario yang menjadi motor terlaris no.2 sepanjang tahun 2013 lalu. Nah, bagaimana kalau kedua motor tersebut, yakni Yamaha GT125 diadu dengan Honda Vario 125 CBS ISS? Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas perbandingan kedua motor berdasarkan 3 parameter, antara lain: harga, fitur, dan desain.

Adu Fitur Yamaha GT125 dengan Honda Vario 125

Yamaha GT125 vs Honda Vario 125
Yamaha GT125 vs Honda Vario 125
Desain Yamaha GT125 vs Honda Vario 125
Melirik bagian desain motor, kedua motor memiliki ciri masing-masing. Desain Yamaha GT125 lebih terlihat tajam dan meruncing, sesuai dengan konsep Elang nya. Bodi motor cukup kekar hanya saja kalau dilihat dari jauh, ukuran bodi motor terasa tidak berimbang dengan sektor kaki-kaki dan ban motor. Barangkali memang disengaja untuk tampil dengan konsep demikian. 

Sedangkan untuk desain motor Vario 125 juga nampak futuristik dan lekukan bodi yang juga terlihat tajam. Soal bentuk dan proporsi tampilan, nampaknya Honda Vario 125 terlihat lebih seimbang karena ukuran ban nya juga lebih lebar dan besar dibandingkan Yamaha GT125. Selain itu, motor juga lebih tinggi dibandingkan Yamaha GT125. Untuk berat motor, Honda Vario 125 sedikit lebih berat dibandingkan Yamaha GT125, yaitu 112 kg berbanding 101 kg.

Fitur Yamaha GT125 vs Honda Vario 125
Untuk yang satu ini, Yamaha GT125 membawa sejumlah fitur terbaru, seperti smartlock, handlebrake lock, smart stand switch, saklar standar samping juga terhubung dengan lampu di panel speedometer. Untuk teknologi di jeroan mesin, Yamaha GT125 juga memakai forged piston, diasil silinder, serta teknologi injeksi YMJET-FI buatan Yamaha. Selengkapnya mengenai teknologi YMJET-FI bisa dibaca disini.

Untuk bagasi motor juga sangat luas dan mampu sebuah helm. Meski bodi motor cukup besar, namun ternyata tengki bensin terbilang mini karena hanya memuat 3,8 liter bensin saja, berbanding dengan Honda Vario 125 yang bisa menampung 5,5 liter bensin. Untuk fitur unggulan yang terdapat pada Honda Vario 125 antara lain: rem CBS (combined brake system) yang mengefisiensikan pengereman depan-belakang sekaligus dengan satu tuas rem. Selain CBS, juga ada teknologi ISS (idle stop system) yang berfungsi untuk menghemat bahan bakar dengan mematikan mesin sementara setiap kali mesin berhenti selama 3 detik. Fitur lainnya adalah mesin yang menggunakan teknologi PGM-FI atau fitur injeksi ciptaan Honda.

Di Honda Vario 125 CBS ISS juga ada Brake lock system seperti yang terdapat pada Yamaha GT125, tapi untuk menggunakannya harus pakai 2 tangan sekaligus. Sejumlah fitur lainnya yang ikut melengkapi kehebatan Vario 125 adalah side stand switch, secure key shutter, dan speedometer full digital. Untuk kapasitas bagasi sendiri, masih muat sebuah helm full face.

Perbandingan Harga Yamaha GT125 vs Honda Vario 125
Harga Yamaha GT125 terbaru dibanderol dengan harga Rp.15.900.000,- .Sedangkan Honda Vario CBS ISS yang jadi varian tertinggi motor Vario dibanderol dengan harga Rp.16.700.000,-

Kesimpulan terakhir, kedua motor sama-sama mengusung fitur dan teknologi terbaik dari masing-masing pabrikan. Jadi, manakah yang anda pilih? Yamaha GT125 atau Honda Vario 125? Pilihan terakhir ada ditangan anda.

Demikianlah informasi mengenai Perbandingan Yamaha GT125 vs Honda Vario 125. Semoga bermanfaat :-)

artikel otomoch lainnya mengenai:

0 Response to "Perbandingan Yamaha GT125 vs Honda Vario 125"

Posting Komentar