Spesifikasi Yamaha MT-25: Bedah Spek Bagian Per-Bagian - Selepas meluncurkan Yamaha New Vixion Advance, R15 dan R25 corak Livery MotoGP, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) lanjut melengkapi segmen sportnya dengan meluncurkan Yamaha MT-25 pada minggu pertama Juni 2015 ini. Kehadiran Yamaha MT-25 ini sekaligus melengkapi varian MT-series setelah varian MT-125, MT-07, dan MT-09sudah meluncur lebih dulu.
Kehadiran Yamaha MT-25 sekaligus menjadikan motorsport ini sebagai ikon motor naked terbaru Yamaha di Indonesia. PT YIMM sendiri menyebut Yamaha MT-25 sebagai motorsport tangguh dengan mengusung 3 kelebihan, yaitu High Performance Engine, Maneuverability Aggressive Handling, dan Pure Street Naked Bike dimana ketiganya mewakilkan masing-masing elemen berkendara termasuk handling sempurna, desain berkarakter, serta mesin dengan performa tinggi.
Spesifikasi & Fitur Yamaha MT-25
Desain - Bedah tampilan Yamaha MT-25 terbaru 2015, kesan kekar tercermin dari desain motor yang nampak padat berisi ditunjang dengan frame kokoh jenis diamond truss frame yang dibungkus oleh lekukan tank cover, air shroud, mesin besar, serta bodi lancip mencerminkan kesan macho dan kekar pada MT-25. Selain itu, ukuran radiator pendingin MT-25 yang besar bukan saja menambah kesan kekar motor, tapi juga lebih optimal dalam hal pendinginan.
Ergonomi - Tidak jauh beda dengan Yamaha R25 yang berkonsep full-fairing, ergonomi / posisi duduk Yamaha MT-25 juga dirancang agak tegak memberi kenyamanan ekstra sehingga betah dikendarai jarak jauh maupun dalam kondisi macet.
Rubber Engine Mount – Fitur yang satu ini disematkan di bagian sasis dan damper setang yang berfungsi mereduksi getaran yang muncul pada bodi dan setang terutama saat mesin digeber di putaran tinggi sehingga member kenyamanan berkendara bagi rider.
Ban Tubeless – Dengan dilengkapi ban tubeless bertapak lebar memberi rasa aman saat berkendara. Apalagi ditunjang dengan velg berbahan alumunium alloy menjadikan akselerasi lebih enteng.
Suspensi – Menengok bagian suspensi depan dan belakang Yamaha MT-25, bagian depan dibekali suspensi teleskopik berdiameter 41mm. Sedangkan bagian belakangnya berjenis monocross twin tube menopang swing-arm alumunium asimetris yang diklaim punya kinerja lebih sempurna dalam menjaga kestabilan berkendara.
Lampu – Yamaha MT-25 dirancang seperti MT-series lainnya dengan ciri khas lampu halogen jenis H4 berkapasitas 12 volt 60/55 yang dikombinasikan dengan lampu LED pada stoplight belakang.
Knalpot – Sama seperti Yamaha R25juga, bagian knalpot Yamaha MT-25 juga dilengkapi dengan sensor O2 serta catalytic converter untuk menghasilkan emisi gas buang dan suara yang lebih bersahabat namun tetap bertenaga.
Speedometer – Untuk desain speedometernya masih sama dengan kepunyaan Yamaha R25. Instrumen yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari speedometer, odometer, tachometer, gear indicator, jam digital, indicator timing pergantian gigi, analog meter, indikator bbm, tripmeter, konsumsi BBM rata-rata, indikator pergantian oli, instant fuel economy, lampu indicator injeksi, hingga self diagnosis.
Spesifikasi Mesin Yamaha MT-25
Melirik sektor dapur pacu, Yamaha MT-25 dibekali dengan mesin 4-tak, DOHC, 8-katub, berkapasitas 249cc serta berpendingin cair yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 35,5 hp pada putaran 12.000 rpm serta torsi maksimal hingga 22,6 Nm pada putaran 10.000 rpm. Kinerja ringan mesin Yamaha MT-25 didukung oleh penggunaan DiaSil Cylinder dan Forged Piston yang punya material dan ketahanan terhadap suhu tinggi yang lebih baik dari bahan silinder dan piston biasa. Jenis silinder dan piston ini memang sudah dipakai pada hampir semua motor keluaran Yamaha.
Membandingkan spesifikasi power Yamaha MT-25 dengan Yamaha R25 masih sama persis. Hanya saja power to weight Yamaha MT-25 sedikit lebih ringan 1 kg (165 kg) dari Yamaha R25.
Spesifikasi Yamaha MT-25 | ||
Dapur Pacu | ||
Jenis | 4-tak, DOHC, 8 katup, 249 cc | |
Pendingin | Liquid Cooled | |
Pembakaran | Injeksi (YMJET-FI) | |
Pelumasan | Wet | |
Starter | Electric Starter | |
Torsi | 22,6 Nm / 10.000 rpm | |
Power | 35,5 Hp / 12.000 rpm | |
Kompresi | 11,6 : 1 | |
Dia x Langkah | 60 mm x 44,1 mm | |
Transmisi | 6 Percepatan | |
Girboks | 6 gir | |
Kopling | Wet Multi Plate | |
Spek Bodi | ||
P x L x T (mm) | 2.090 x 720 x 1.135 (mm) | |
Tinggi Jok | 780 mm (30.7 inci) | |
Berat Isi | 165 kg | |
Kapasitas BBM | 15 L | |
Suspensi & Ban | ||
Suspensi Depan | Teleskopik (diameter 41 mm) | |
Suspensi Belakang | Monocross | |
Rem Depan | Semi floating disc | |
Rem Belakang | Single disc brake | |
Ban Depan | 110/70 – 17″54h | |
Ban Belakang | 140/70 – 17M/C (66s) | |
Listrik | ||
Baterai | Aki kering (7.4 Ah GTZ8V) | |
Fitur | ||
Tipe Tachometer | Analog | |
Speedometer | Digital | |
Lampu Utama | Halogen H4 (12V DC) |
Pilihan Warna & Harga Yamaha MT-25
Versi standar Yamaha MT-25 meluncur dalam 3 pilihan warna, antara lain: biru (Silver Blue), hitam (Black Strike), dan merah (Red Rage). Harga Yamaha MT-25 dibanderol Rp. 46.000.000; OTR Jakarta. Di segmen sejenisnya, MT-25 bakal bersaing dengan Kawasaki Z250, Z250SL, Suzuki Inazuma 250, dan Benelli TNT 250. Tertarik?
Demikianlah informasi mengenai Yamaha MT-25: Bedah Spek Bagian Per-Bagian. Semoga bermanfaat :-)
Artikel otomoch lainnya mengenai:
0 Response to "Yamaha MT-25: Bedah Spek Bagian Per-Bagian & Fiturnya"
Posting Komentar